Bedah Spesifikasi MV2 4x4 dan Maung Buatan Pindad - Kompascom - Otomotif Kompascom

Bedah Spesifikasi MV2 4x4 dan Maung Buatan Pindad - Kompascom - Otomotif KompascomBedah Spesifikasi MV2 4x4 dan Maung Buatan Pindad - Kompascom

JAKARTA, KOMPAScom - Setelah sukses dengan Maung, PT Pindad (Persero) resmi mengenalkan MV2 4x4 yang menjadi kendaraan taktis (rantis) terbarunya

Secara tampilan, MV2 memiliki tongkrongan yang lebih modern dibandingkan Maung Namun dari struktur bodi, banyak yang menganggap sama saja

Begitu juga untuk urusan mesin, padahal bila diperhatikan dari spesifikasi yang diberikan, ada perbedaan dari out-put tenaga dan torsi yang diproduksi

Baca juga: Pindad MV2 4x4 Dijual Umum, Berapa Harga dan Siapa Targetnya ?

Bedah Spesifikasi MV2 4x4 dan Maung Buatan Pindad - Kompascom - Otomotif Kompascom KOMPASCOM/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020) Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal

Untuk lebih jelasnya, kita akan coba bedah perbedaan antara Maung dan MV2 4x4 mulai dari desain, kaki-kaki, sampai performanya

Desain

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu
Daftarkan email

Seperti disinggung sebelumnya, kemasan MV2 memiliki visual yang lebih modern dan terkesan futuristik Apalagi dari bagian bumper dan gril yang dibuat menyipit dan dilengkapi pencahayaan LED serta dibalut kelir biru muda

Tak hanya itu, bagian depan juga dilengkapi dengan winch layaknya kendaraan 4x4 pada umumnya Hal yang sama juga diterapkan pada Maung, hanya saja memang bagian depan Maung terkesan lebih militer

Pindad MV2 4x4 KOMPAScom/STANLY RAVEL Pindad MV2 4x4

Dari segi dimensi, MV2 memiliki panjang 5220 mm, lebar 2010 mm, dan tinggi 1860 mm Sementara Maung memiliki panjang 4931 mm, tinggi 1820 mm, dan lebar 1640 mm

Berdasarkan hal tersebut, jelas soal dimensi MV2 lebih unggul, tak heran bila VP Inovasi PT Pindad (Persero) Windu Paramartha, mengklaim interiornya lebih lapang dan modern

Kaki-kaki

Meski memiliki dimensi besar, namun MV2 juga disiapkan sebagai kendaraan penjelajah segala medan karena lahir dengan konsep militer Karena itu, kaki-kaki pun ikut diperkuat untuk menunjang aktivitasnya

Suspensi depan mengaplikasi independent double wishbone, sedangkan bagian belakang MV2 mengusung four link with coilover shock

Untuk Maung, bagian depan menggunakan independent coilover shock long arm, dan belakang Rigid, coilover shock, serta four link arm Keduanya menggunakan pelek serupa dengan ban mud terrain

Dapur pacu

Untuk tenaga, seperti diketahui Maung mengadopsi mesin Toyota Hilux berkapasitas 2494 cc turbo diesel dengan tenaga 149 tk dan torsi badak 400 Nm Tenaganya disalurkan ke sistem pengerak empat roda melalui transmisi manual 6 percepatan

Baca juga: Pindad Kenalkan MV2 4x4, Mirip Maung Versi Modern

Bedah Spesifikasi MV2 4x4 dan Maung Buatan Pindad - Kompascom - Otomotif Kompascom KOMPASCOM/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020) Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal

 

Secara daya, Maung memang memiliki asupan yang cukup kuat, tak heran ketika beberapa waktu lalu redaksi menjajalnya pun dibuat kagum dengan torsi pada putaran bawahnya

Pindad mengklaim kecepatan maksimal Maung mencapai 120 kpj, dengan kapasitas BBM 80 liter dan diklaim mampu menjelajah 800 km pada posisi full tank

Untuk MV2, mengusung penggerak empat roda dan transmisi yang sama, namun dengan hasil tenaga yang lebih kalem

Dari data yang diberikan, mesin turbo diesel MV2 mampu memproduksi tenaga 136 tk pada putaran 3200 rpm dan torsi maksimal 385 dari rpm 1600 sampai 2600

Bedah Spesifikasi MV2 4x4 dan Maung Buatan Pindad - Kompascom - Otomotif Kompascom Dok PINDAD Kendaraan ringan taktis Maung ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan penggunanya Maung memiliki 150 HP, harus bisa melewati genangan air minimal 70 cm, mampu menanjak hingga tanjakan 30 derajat, jalan miring, dan mampu menempuh jarak hingga 600 km

Kecepatan maksimalnya juga sama, 120 kpj, tapi urusan jarak tempuh masih unggul Maung lantaran MV2 hanya mampu hingga 600 km dalam kondisi BBM penuh

MV2 memiliki daya tanjak 60 persen, kemiringan 30 persen, serta mengarung (fording) 0,75 m Sayang Pindad tak memberikan spesifikasi lengkap soal jenis mesin diesel yang digunakan, termasuk kubikasinya 

Baca juga: Selain Toyota, Pindad Sediakan Maung Versi Sipil Bermesin Isuzu

Tapi bila diperhatikan, hasil tenaga MV2 ini mirip-mirip dengan Isuzu D-Max Apalagi sebelumnya Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose, pernah memberikan informasi bila selain Toyota, dalam pengembangan Maung, pihaknya juga mengandeng Ford dan Isuzu

Pindad MV2 4x4 KOMPAScom/STANLY RAVEL Pindad MV2 4x4

Bicara sensasi berkendara memang belum bisa diutarkan, redaksi juga masih menunggu kesempatan merasakan MV2 4x4 Sedangkan terkait harga, sampai saat ini juga belum ada informasi

Meski demikian, sebelumnya MV2 4x4 sudah digadang-gadang bisa dinikmati pasar selain militer Dengan demikian, artinya akan dipasarkan untuk sipil seperti Maung

25 Tahun Kompascom, Melihat Harapan